TERBARU :

SEJARAH SINGKAT

Kantor Kas Negara (KKN) Jember yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor   /MK.6/4/1979 dengan wilayah pembayaran meliputi Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang merupakan unit instansi vertikal yang  memiliki  fungsi  penyaluran  dana  Anggaran Pendapatan dan Belanja  Negara  atasdasar Surat Perintah Membayar yang diterbitkan oleh Kantor Perbendaharaan Negara Bondowoso, menatausahceritaakan penerimaan negara, serta menyusun laporan Bendahara Umum atas pelaksanaan tugas rutin dan pembangunan yang menjadi tanggung jawabnya.

Sejalan dengan perkembangan organisasi dalam tubuh Direktorat JenderalAnggaran, KKN Jember telah mengalami dua kali perubahan nomenklatur. Pada tahun 1989, dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 645/KMK.01/1989 tanggal 12 Juni 1989, yang mengakibatkan adanya penggabungan dari 2 (dua) instansi vertikal yaitu Kantor Perbendaharaan Negara dan Kantor Kas Negara menjadi Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara Jember.

Pada tahun 2004, dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 303/KMK.01/2004 tanggal 23 Juni 2004, KPKN Jember untuk kedua kalinya berubah nomenklatur menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jember Type A2 sebagai langkah awal reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Keuangan. Selanjutnya, dengan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharan  Nomor Kep-   /PB/2012 tanggal 26 Juli 2012 KPPN Jember ditetapkan sebagai KPPN Percontohan, salah satu dari 18 KPPN Percontohan yang dibuka di 17 Provinsi dengan Darmawan, S.E  sebagai kepala KPPN yang baru kemudian terhitung mulai tanggal 18  April  2015, tampuk kepemimpinan KPPN Jember berpindah ke Suparman Effendy, S.E yang sebelumnya bertugas di KPPN Tanjung hingga saat ini. Bravo KPPN Jember….